CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 08 April 2013


Kuku Kotor


Mempunyai kuku yang indah dan terawat, tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun tahukah kita bahwa sebenarnya banyak bahaya yang terdapat di bawah kuku jika kita tidak merawatnya dengan baik atau membersihkannya secara teratur setiap saat. Karena, bagian bawah kuku ternyata menyimpan banyak debu, bakteri, virus, hingga telur cacing yang dapat mengakibatkan kesehatan seseorang dapat terganggu.
Saat ini kedasaran untuk mencuci tangan di Indonesia masih sangat minim sekali, padahal tangan adalah sumber dalam segala aktivitas. Dengan tangan, manusia melakukan segala kegiatan dan di tangan itu sendiri terdapat kuku yang sering luput dari perhatian manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah tidak asing lagi jika melihat seseorang yang langsung menyantap makanan padahal sebelumnya ia telah memegang banyak benda yang sangat mungkin sekali memiliki kuman yang banyak.
Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan kuku dan mau membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah buang air, dan setelah beraktivitas. Pemerintah telah membuat program khusus agar kesadaran masyarakat akan kebersihan tangan dapat terwujud.
Karena, dari tangan dan kuku itulah, seseorang dapat terserang berbagai penyakit jika tidak pernah dibersihkan dengan benar. Salah satu program yang dilakukan pemerintah adalah mengenalkan jenis penyakit yang diakibatkan kuman di bawah kuku. Penyakit tersebut antara lain:
Diare. Kuman penyebab diare umumnya bersarang di bawah kuku, karena kebiasaan manusia yang langsung memegang makanan tanpa terlebih dahulu mencuci tangannya.
Alergi. Virus alergi juga umumnya bersarang di bawah kuku dan tangan, kita sering melihat seseorang yang mengalami pembengkakan mata akibat memegang mata tanpa melihat terlebih dahulu kotor tidaknya tangan mereka. Bahkan yang lebih parah lagi, virus dari bawah kuku juga bisa menyebabkan peradangan di sekitar mulut.
Oleh karena itu, bersihkanlah atau guntinglah kuku secara teratur. Namun perhatikanlah alat pemotong kuku yang kita gunakan, karena gunting kuku juga bisa menjadi sumber penularan kuman akibat tidak pernah dibersihkan. Maka, bersihkanlah terlebih dahulu gunting kuku yang akan kita gunakan dan simpanlah gunting kuku di tempat yang bersih.
Untuk yang suka menggunakan kuku palsu atau artificial, simpan dan bersihkanlah secara teratur kuku palsu tersebut, karena banyak peneliti yang mengatakan kuku palsu lebih banyak memiliki kuman dan virus ketimbang kuku asli.
Jika kita sudah paham akan kebersihan kuku, maka imbangilah dengan selalu mencuci tangan dan membersihkan bagian bawah kuku sebelum kita melakukan aktivitas. Karena, dengan kebersihan yang semakin terjaga tentunya kita juga akan jauh dari berbagai penyakit dan yanag pasti keindahan kuku juga akan semakin terlihat lebih menarik.

0 komentar:

Posting Komentar