CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 08 April 2013


RUANG DAN KEGALAUAN DALAM LIRIK LAGU PAPAN ATAS INDONESIA


Lagu galau merupakan jenis lagu yang sangat popular di Indonesia sampai dengan awal april 2012. Galau merupakan sebuah kata yang banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari pada masa ini. Galau dipahami sebagai suatu kondisi negative yang mengakibatkan ketidak menentuan dalam hidup. Dalam lirik lagu, kegalauan sering diasosiasikan dengan kondisi-kondisi ruang tertentu dengan aspek-aspek ruang berupa orientasi, aktifitas, besaran, dll. Berikut data pemaknaan ruang dalam lagu galau papan atas indonesia yang dikumpulkan:
Maafkan ku menduakanmu 
Mencintai dia di belakang kamu ooh…Ku tak bisa menahan rasaku saat kau jauh dariku…. (Maafkan aku – D’bagindas)
Pernahkah kau merasa jarak antara kita Kini semakin terasa setelah kau kenal dia…..Aku tiada percaya teganya kau putuskan Indahnya cinta kita yang tak ingin ku akhiri Kau pergi tinggalkanku….(Aku yang tersakiti-Judika)
….Hatimu hatiku merasuk dalam kisah yang indah Tak pernah terfikirkan aku melangkah jauh tanpamu Tak pernah terbayangkan jika bukan cintamu yang temani aku…..( Aku bisa mati – Latinka)
….Terbawa aku dalam sedihku Tak sadar kini kau tak di sini Engkau masih yang terindah…. (Kesedihanku – Sammy Simorangkir)
….Sedang apa dan di mana dirimu yang dulu ku cinta…. Apakah mungkin bila kini ku ingin kembali…. (Sedang apa dan dimana – Sammy Simorangkir)
Di mana kamu di manadi sini, bukan ke mana kamu ke mana…. jangan kau pergi lagi… (Kesepian – Vierra)
Berdasarkan data tesebut, saya membagi pemaknaan ruang yang digunakan dalam lagu-lagu galau sebagai berikut:
-       Besaran ruang berupa kata “jauh” dan “jarak”. Kata “jauh” dan “jarak” digunakan untuk menggambarkan keadaan terisolasi dari sesuatu yang dibutuhkan. Kata ”jauh” dan “jarak” cenderung digunakan untuk menggambarkan kondisi ketidak berdayaan terhadap isolasi ruang yang dialami penyanyi.
-       Orientasi ruang berupa kata “belakang”, “di mana”, “ke mana”, “di sini”. Kata “belakang” digunakan untuk menggambarkan bagian ruang yang lepas dari pantauan mata pengamat. Pada bagian ruang tersebut, dimanfaatkan sebagai ruang untuk melakukan aktifitas yang meresahkan pengamat, sehingga kata belakang memiliki makna yang negativ. “Di mana”, “ke mana”, “di sini” digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi yang kehilangan arah, ketidakmampuan penyanyi untuk mendefinisikan posisinya dalam ruang terhadap sesuatu yang dibutuhkannya.
-       Aktivitas dalam ruang berupa kata “pergi” dan “kembali”. Kata pergi dan kembali merupakan kata yang menyatakan pergerakan yang aktif. Namun dalam contoh penggalan lagu diatas, kedua kata ini dimaknai negative, “pergi” dan “kembali” dimaknai sebagai kegiatan yang mengisolir penyanyi dari kebutuhannya.
Dari contoh diatas, kita dapat melihat bagaimana ruang digunakan untuk menggambarkan kegalauan, dimana ruang cenderung dijadikan sebagai penyebab atau alasan dari kegalauan atau seperti dalam lagu pertama, ruang dijadikan alat untuk menciptakan kegalaun dengan menggunakan kata “belakang”.
Namun pemaknaan ruang dengan cara yang berbeda walaupun masih dalam konteks lagu galau dapat dilihat dalam lagu agnes monica yang berjudul rindu.
Selama aku mencari….Bayang-bayangmu di batas senja….menembus dinding waktu…. (Rindu – Agnes Monica)
Dalam lagu tersebut ruang dimaknai secara progresif. Seperti pada orientasi ruang berupa kata “di batas” yang memperlihatkan kemampuan dalam mendefinisikan ruang yang berbeda dari lagu-lagu galau yang lainnya yang cenderung kehilangan orientasi. Selain itu berupa aktifitas dalam ruang dengan kata “menembus” yang menggambarkan sikap yang pantang menyerah, berbeda dengan lagu-lagu galau yang lain yang cenderung menyerah bahkan menyalahkan ruang sebagai penyebab kegalauan mereka.
Demikian tinjauan saya tentang ruang dan kegalauan. lagu galau tidak pernah habis dimakan jaman. Namun bagaimana kegalauan tersebut disikapi dapat dilihat melalui salah satunya pemaknaan ruang untuk menggambarkan kegalauan penyanyi. Akhir kata saya ucapkan terima kasih, semoga tinjauan ini berguna. Mohon maaf jika ada kesalahan.

0 komentar:

Posting Komentar